Klaim Kepung Gaza, Tentara Israel-Hamas Baku Tembak dari Jarak Dekat

 


KABARNEWSTODAY - Pasukan Israel dan milisi Hamas dilaporkan terlibat baku tembak sengit dari jarak dekat usai militer negara Zionis mengklaim berhasil mengepung seluruh Jalur Gaza Palestina pada Kamis (2/11) malam.

Juru bicara militer Israel, Daniel Hagari, menuturkan pasukannya "telah melancarkan operasi darat dalam beberapa hari terakhir" di Gaza hingga "mengepung wilayah itu dari beberapa arah".


Hagari menuturkan operasi daratnya itu berhasil menggempur sejumlah situs dan pos milik Hamas.


"Pasukan lapis baja dan infanteri yang didukung oleh banyak pesawat menyerang pos-pos terdepan (Hamas), pusat komando, posisi peluncuran, dan infrastruktur teroris yang digunakan oleh Hamas," kata Hagari.


Hagari menambahkan: "para tentara Israel melenyapkan teroris Hamas dalam pertempuran tatap muka."


Dikutip The New York Times, Hagari mengatakan gagasan gencatan senjata sama sekali tak ada dalam pertimbangan Israel.


Padahal, korban tewas agresi militer Israel ke Jalur Gaza Palestina tembus 9.061 orang per Kamis (2/10) atau di hari ke-26 peperangan pecah.


Kementerian Kesehatan di Gaza melaporkan total 9 ribu lebih korban tewas itu termasuk 3.760 anak-anak dan 2.326 perempuan.


Dikutip The Guardian, Kemenkes di Gaza, wilayah yang dikuasai Hamas, juga menuturkan sebanyak 32 ribu warga di wilayah itu terluka akibat gempuran Israel sejak 7 Oktober lalu.


kementerian itu juga memprediksi sekitar 2.030 orang masih terjebak di bawah reruntuhan bangunan yang hancur digempur Israel sehingga memungkinkan jumlah korban tewas akan terus meroket.


"Saat ini, gagasan gencatan senjata sama sekali tidak dibahas. Pasukan Pertahanan Israel sedang berperang untuk memberangus Hamas," ucap Hagari.


Hamas tidak secara langsung mengkonfirmasi klaim Israel soal pengepungan Gaza. Namun, milisi yang menguasai Jalur Gaza itu mengatakan mereka telah menembaki pasukan Israel di dekat Al Shati, sebuah daerah di sisi utara Gaza, selain Johor al-Deek, wilayah yang dekat dengan perbatasan timur Gaza.


Video yang telah diverifikasi The New York Times memperlihatkan baku tembak dan ledakan terdengar di bagian barat area padat penduduk di selatan Gaza. Video itu diambil kurang dari satu mil dari jalan raya pesisir Al-Rasheed, Gaza.


Sekitar 18 pasukan Israel dilaporkan tewas dalam pertempuran sengit dengan Hamas ini.


banner

Post a Comment

0 Comments